Selasa, 26 Maret 2013

SERIAL PEMBANGUNAN DAERAH



SPD 01 KURVA POLINOMIAL GARIS LURUS

Terdapat beberapa teknik extrapolasi untuk meramalkan jumlah penduduk di masa datang, diantaranya adalah:  (1) Kurva polinomial garis lurus, (2) Kurva regresi, (3) Metoda bunga berganda, (4) Kurva Gompertz, (5) Kurva logistik, (6) Cohort.

Teknik atau metoda tersebut di atas memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, sehingga dalam penerapannya perlu dilakukan pemahaman terlebih dahulu terhadap kondisi kependudukan pada wilayah perencanaan, seperti pola pertumbuhan yang terjadi di masa lampau, ketersediaan data dan sebagainya. 

Model Kurva Polinomial Garis Lurus

Pada teknik ini, jumlah penduduk tahun tertentu pada masa yang akan datang merupakan hasil proyeksi tahun-tahun sebelumnya hingga tahun terakhir dengan mengikuti pola garis lurus mengikuti model persamaan :

dimana :
= penduduk daerah yang diselidiki pada tahun t + q
= penduduk daerah yang diselidiki pada tahun dasar t
= selisih tahun dari tahun t ke tahun t +q
= rata-rata tambahan jumlah penduduk tiap tahun pada masa lalu hingga data tahun terakhir

Kelemahan metoda ini yaitu laju pertambahan penduduk dianggap tetap.  Untuk perkiraan jangka pendek, hal ini mungkin masih mungkin dapat dibenarkan, tapi untuk jangka panjang jelas kurang dapat dipercaya keakuratannya. SERIAL PEMBANGUNAN DAERAH bisa dilihat di folder FILES pada milis Referensi@ yahoogroups.com, juga di www.geocities.com/ahmad_idjaz, atau di  Manual Teknik  PT.GRHAYASA NCE Consulting Services.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar